Monday, September 30, 2013

Persaudaraan dalam Agama Islam

DAFTAR ISI

DAFTAR ISI ............................................... ............................. i
BAB I. ............................................... ................................................ ii
INTRODOCTIONAL ................................................. ............................... . ii
a . ii
b . Ringkasan masalah .............................................. ............................................. .. ii
BAB II PEMBAHASAN ............................................... ........................................ 1
a . Persaudaraan dalam Al Qur'an ............................................ ............................................ 1
b . Apa saja tentang Ikhwanul Islam .............................................. .......................... 2
c . Indikasi Qur'an untuk meningkatkan persaudaraan ......................................... ............ 3
d . Penguatan Kebijakan Consepts Ikhwanul .............................................. .............. 5
e . Persaudaraan di Praktek .............................................. ......................................... 6
BAB III ................................................ ............................................ 8
a . 8
b . 9
c . perpustakaan 10







BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Firman Ukhwah ditafsirkan persaudaraan akar awalnya berarti " memperhatikan " . Makna asli persaudaraan yang mempengaruhi ketersediaan perawatan mensyaratkan bahwa semua pihak merasa terkait . Dalam kiasan kata salah satu persaudaraan kesamaan mencakup unsur-unsur seperti ras , agama , worki dan perasaan . Persaudaraan yang juga berarti teman dekat atau sahabat .

Komunitas Muslim mengakui hal Islamiyah persaudaraan , persaudaraan ditempa oleh sesama Muslim dengan kata lain sebagai persaudaraan antar sesama Muslim . Sampai Islamiyah mengatakan persaudaraan menjadi pelaku .

Keberadaan persaudaraan dalam Al-Qur'an , kata ( suf ) tunggal rekannya menemukan total 52 kali . Venter dapat berarti saudara satu masyarakat dan brotherhood.In segi bahasa kata persaudaraan atau saudara perempuan keturunan, hubungannya ditempa oleh keluarga , bangsanya , saudara-saudara dapat mencakup berbagai persamaan , yaitu , sebagai persaudaraan relativehumanity ( persaudaraan lembut ) dan sama dan busur untuk artikel Allah.dalam juga memiliki berbagai Ukhuwah Islamiyah , Ukhuwah ubudiyah , insaniyah dan ukhuwah Fi din Al-Islam .
Dalam Al - Maidah menjelaskan :
" Untuk setiap orang di antara kamu , kami menyediakan aturan dan jalan.seandainya Allah menghendaki , Dia bisa membuat Anda satu bangsa , tetapi Dia mungkin mencoba Anda kasih karunia-Nya atasmu . Jadi lomba berbuat baik " . (QS. Al - Maidah : 48 )
Dan ketersediaan indikator yang berhubungan dengan persaudaraan : untuk memperkuat rasa persaudaraan pada umumnya , dan Islam memperkenalkan konsep Kholifah , untuk menciptakan persaudaraan diantara pengikutnya , untuk memperkuat persaudaraan antara sesama muslim dan menghindari prasangka dan tidak menemukan kesalahan dengan rekan .

B. IKHTISAR MASALAH
1 . Apa tujuan dari Ukhuwah Islamiyah ?
2 . Bagaimana membuat ukhuwah Islamiyah jalan ?
3 . Langkah-langkah untuk mendorong persaudaraan bagaimana agama-agama yang berbeda ?
4 . Konsep untuk meningkatkan Ukhuwah sesuatu?
5 . Apapun jenis Ukhuwah Islamiyah ?








BAB II
PEMBAHASAN

Brotherhood ( persaudaraan ) , yang biasanya diartikan sebagai " persaudaraan " , diambil dari akar kata yang awalnya berarti " memperhatikan " . Makna asli ini akan mempengaruhi ketersediaan persaudaraan yang memerlukan perhatian semua pihak merasa related.It mungkin , perhatian pertama lahir karena kesamaan antara pihak-pihak terkait, sehingga makna tersebut kemudian dikembangkan , dan pada akhir persaudaraan ditafsirkan sebagai " ada kesamaan dan kompatibilitas dengan pihak lain , baik dalam keturunan umum , dalam hal ibu, ayah , atau keduanya , dan cara KEPERAWATAN BASAH IS FORBIDDEN " .
Dalam majazi kata persaudaraan ( brotherhood ) termasuk salah satu unsur yang sama , seperti ras , agama , profesi , dan perasaan . Dalam kamus bahasa Arab ditemukan bahwa kata suf yang membentuk kata-kata dengan rasa persaudaraan juga digunakan untuk teman atau pendamping .
Komunitas Muslim mengakui persaudaraan Islam panjang. Istilah ini harus duduk Ini berarti , sehingga diskusi kita tentang persaudaraan tidak menderita kebingungan . Untuk survei linguistik pertama yang harus dilakukan untuk memperbaiki posisi dari kata Islam dalam istilah di atas . Selama ada kesan bahwa istilah berarti " persaudaraan ditempa oleh seorang Muslim " atau dengan kata lain " persaudaraan antar sesama Muslim " , jadi karena itu , kata " Islam " Ukhuwah pelaku dibuat .
Pemahaman ini tidak akurat . Says Islamiyah terkait dengan lebih akurat persaudaraan kata dipahami sebagai adjektifa , sampai persaudaraan Islam berarti " persaudaraan alam islami atau diajarkan oleh Islam " , setidaknya , ada dua alasan untuk mendukung pendapat ini .
Pertama , Alquran dan Hadis memperkenalkan semua jenis hubungan , seperti yang akan dijelaskan further.Second , karena alasan linguistik . Dalam bahasa Arab . Kata sifat selalu disesuaikan dengan karakter . Jika karakter indefinitif atau bentuk feminin , juga harus dikatakan bahwa alam . Hal ini jelas terlihat ketika kita berkata persaudaraan Islam dan Al - Ukhuwwah Al - Islamiyyah .
A. Persaudaraan dalam Al-Qur'an
Dalam Al Qur'an , kata akh (saudara ) dalam bentuk tunggal ditemukan sebanyak 52 kali . Kata ini dapat berarti :
1 . Saudaranya atau keturunan , seperti dalam ayat yang berbicara tentang warisan , atau melawan hukum menikahi orang-orang tertentu , misalnya ,
" Diharamkan bagimu ( untuk menikah ) adalah ibu Anda ibu, anak perempuan , saudara dan saudari peremouanmu , saudara Anda ayah , saudara perempuan ibumu , (dan ) anak-anak perempuan dari saudara laki-laki .... " ( QS Al - Nisa ' [ 4 ] : 23 ) .
2 . Saudara ditempa oleh ikatan keluarga , seperti suara doa Musa yang diabadikan Alquran ,
" Dan bagi saya menunjuk pembantu dari keluarga saya ( yaitu) Harun, saudaraku . . " (QS. Thaha [ 20 ] : 29-30 ) .
3 . Saudara dalam arti ras yang sama , meskipun bukan agama , seperti dalam firman-Nya :
" Dan untuk suku 'Ad , (kami utus) saudara mereka Hud " . ( QS. Al - A'raf [ 7 ] : 65 )
Seperti yang Anda ketahui kaum'Ad bertentangan dengan ajaran yang dibawa oleh Nabi Hud , sampai Tuhan menghancurkan mereka . ( Baca antara lain QS Haqqah Kudus [ 69 ] : . 6-7 ) .
4 . Satu saudara masyarakat , meskipun bertentangan kredo .
" Adikku memiliki 99 domba , dan aku punya hak , lalu dia berkata kepada saya , " serahkan padaku Mu " dan dia mengalahkan saya di debat " . (QS. Shad [ 38 ] : 23 ) .
5 . Persaudaraan dalam agama .
Hal ini ditunjukkan dengan Firman Allah dalamsurat Al Hujurat ayat 10
" Mereka percaya saudara " .
Di atas telah disampaikan bahwa dari segi bahasa , kata-kata dapat mencakup berbagai kesetaraan persaudaraan . Dari sini lahir dari dua jenis hubungan , yang Meskipun tidak disebutkan secara eksplisit oleh Al-Qur'an sebagai " persaudaraan " , namun substansinya adalah persaudaraan .
Kasus kedua , adalah :
a) manusia Sipil ( ukhuah lembut ) .
Al-Qur'an menyatakan bahwa semua manusia diciptakan oleh Allah dari seorang wanita da man ( Adam dan Hawa ) (QS. Al - Hujarat [ 49 ] : 13 ) . Ini berarti bahwa semua manusia adalah keturunan dan dengan demikian bersaudara .
b ) Sipil satu agama dan satu Tuhan macam .
Di atas telah dijelaskan dalam bahasa yang mengatakan akh (saudara ) digunakan dalam berbagai bentuk yang sama . Dari sekemakhlukan kelahiran persaudaraan . Alquran dengan jelas menyatakan bahwa :
" Dan tidak ( jenis hewan di bumi , dan burung-burung yang terbang dengan dua sayap ) tetapi juga masyarakat seperti Anda . " ( QS. Al - An'am [ 6 ] : 38 ) .
B. Islam Ukhuwah Macam .
Ø Ukhuwah ' ubudiyyah atau saudara sekemakhlukan dan kesetundukan kepada Allah .
Ø Ukhuwah insaniyyah ( Basyariyyah ) dalam arti bahwa semua manusia adalah saudara , karena mereka berasal dari seorang ayah dan ibu . Nabi juga menekankan kemudian mengatakan dia :
" Jadilah hamba Allah saudara " .
Ø Ukhuwah Wathaniyyah yang wa - keturunan , etnis itu dan persaudaraan nasional.
Ø Ukhuwah fi din al-Islam , persaudaraan antar sesama Muslims.v Nabi Muhammad , mengatakan :
" Kalian adalah teman-temanku , kita adalah saudara dan saudari yang datang setelah (kematian ) -I " .

C. Indikasi Qur'an Persaudaraan kuat .
Gunakan untuk persaudaraan yang kuat , Alquran pertama menggarisbawahi bahwa perbedaan adalah hukum yang berlaku dalam kehidupan ini . Selain perbedaan ini adalah kehendak Allah , bahkan untuk keberlanjutan kehidupan serta untuk mencapai tujuan hidup pada makhluk bumi .
" Untuk semua orang di antara kamu , Kami memiliki hukum dan cara . Seandainya Allah menghendaki , Dia bisa membuat Anda satu bangsa , tetapi Dia mungkin mencoba Anda kasih karunia-Nya atasmu , Jadi lomba berbuat baik " . (QS. Al - Maidah [ 5 ] : 48 ) .
         
Indikator yang terkait dengan persaudaraan umum dan persaudaraan agama Islam :
a.To streng maka rasa persaudaraan , Islam memperkenalkan konsep khalifah .
Manusia dibangkitkan oleh Allah sebagai penguasa . Khilafah pria yang mengaku melindungi , membimbing dan mengarahkan semua Agat mencapai makna dan tujuan penciptaannya . Oleh karena itu , Nabi melarang memetik sebelum siap untuk digunakan , mengutip bunga pra - mekar , atau menyembelih hewan terlalu kecil . Nabi Muhammad juga mengajarkan untuk selalu bersikap ramah dengan semua hal, bahkan terhadap benda tak bernyawa.
Qur'an tidak mengenal istilah " penaklukan alam " , karena Al Quran secara eksplisit menyatakan bahwa tunduk pada sifat manusia adalah Allah . (QS. 45 : 13 ) . Muslim secara ketat diajarkan untuk mengakui bahwa ia tidak memiliki kekuatan untuk mengalahkan apa pun kecuali penaklukan Ilahi . Pada saat drive Muslim diselenggarakan baca :
" Mahasuci Allah yang mengalahkan ini untuk kita , karena kita tidak memiliki kesediaan merendahkan diri-Nya " . ( QS. Al - Zukhruf [ 43 ] : 13 ) .

b . Untuk menjalin persaudaraan antar agama islam , memperkenalkan ajaran Islam ,
" Bagi kamu agamamu dan bagiku milikku " . ( QS. 109 : 6 ) . Dan " Bagi kami perbuatan kami dan bagi Anda perbuatanmu ada ( harus ada ) dalam pertengkaran antara kami dan kamu Allah akan mengumpulkan kita dan kepada-Nya adalah kembalinya ( putusan semua ) . . " . ( QS. Al - Syura [ 42 ] : 15 ) .
Ikatan persaudaraan antara Muslim dan non -Muslim sekali tidak dilarang oleh Islam , bagi orang lain menghormati hak-hak kaum muslimin .
Disampaikan tentang makna persaudaraan Islam , yang merupakan sifat persaudaraan islami atau diajarkan oleh Islam . Telah diteruskan beberapa petunjuk berupa kalimat atau jenis " persaudaraan " yang disinggung dalam Al Qur'an . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semua kitab suci adalah untuk memperkenalkan setidaknya empat jenis kekerabatan : "Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan do keadilan ( memberikan kekayaan sewbagian ) kepada mereka yang tidak memerangi kamu karena agama dan tidak (belum ) mengusir kamu dari negerimu . Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang adil " . ( QS. Al - Mumtahanah [ 60 ] : 272 ) .

c . Untuk persaudaraan yang kuat di antara sesama Muslim .
 Al-Qur'an pertama kali menggarisbawahi perlunya manghindari bawahi semua jenis kelahiran dan sikap spiritual bisa asam hubungan antara mereka .
Setelah menyatakan bahwa orang-orang beriman bersaudara, dan memerintahkan untuk melakukan rekonsiliasi ( hubungan perbaikan ) jika terjadi kesalahpahaman antara dua orang ( kelompok ) kaum muslimin . Al-Qur'an memberikan contoh hubungan retak penyebab melarang setiap Muslim untuk melakukan hal ini :
" Hai orang- orang yang beriman , apakah orang ( laki-laki ) yang mencemooh ras lain , karena mungkin itu ( mengejek - mock ) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok ) dan tidak mengolok-olok perempuan mengejek ) perempuan lain , mungkin karena wanita yang mengejek baik daripada mereka yang mencemooh ) , dan tidak mencela dirimu , dan jangan memanggil dengan gelar yang buruk . jelek - jeleknya panggilan adalah ( kutipan ) setelah itikad buruk . Barangsiapa tidak bertobat , maka tersebut adalah zalim " . ( QS. Al - Hujurat [ 49 ] : 11 ) .
Ayat selanjutnya memerintahkan orang percaya untuk menghindari prasangka , tidak mencari-cari kesalahan orang lain , dan gosip , ditandai oleh Al-Qur'an sebagai dagingnya sendiri telah meninggal . ( QS. Al - Hujurat [ 49 ] : 12 .
Semua indikasi adalah Alquran dan Hadis Nabi yang berbicara tentang interaksi antara orang-orang , pada akhirnya berarti keleluasaan untuk menjalin persaudaraan . Perhaikan contoh kriteria dilarang transaksi ( Al Qur'an 2 : 188 ) , laptop laranagn ( Al Qur'an 2 : 278 ) , yang diselenggarakan oleh utang write- kreditur ( Qur'an 2 : 275 ) , non - pereduksi atau disukai bobot ( Qur'an 83 : 1 -3 ) dan lain-lain .
Dalam konteks pendapat dan praktik keagamaan , Alquran secara tegas memerintahkan orang-orang beriman untuk merujuk kepada Allah ( Al Qur'an ) dan Rasul ( Sunnah ) .
Tapi dalam hal perbedaan atau tidak praktek , maka petunjuk Al Qur'an dalam hal ini adalah :
" Ketika Anda berpikir tentang sesuatu yang berbeda ( karena mereka tidak menemukan petunjuk dalam teks Al-Qur'an dan Sunnah , kemudian kembali kepada Allah ( ajaran jiwa Al-Qur'an ) dan ( ajaran jiwa ) Messenger , jika kamu benar -benar beriman kepada Allah dan Hari Akhir utama yang akan lebih baik untuk Anda dan konsekuensi " ( QS.Al - Nisa ' [ 4 ] : 59 ) . . .

D. Stabilisasi Kebijakan Konsep Ukhuwah
a . Tanawwu konsep ' al- ' ibadah ( ibadah berarti variabilitas ) .
Konsep ini mengakui praktek keragaman Nabi dalam pengalaman religius , yang menyampaikan pengakuan kebenaran semua praktik keagamaan , untuk semuanyaitu merujuk kepada Nabi Muhammad . Anda tidak meragukan klaim ini , agama tidak menggunakan ungkapan " Bagaimana hasil dari 5 + 5 ? " Kecuali ditanyakan adalah " nomor sepuluh adalah hasil dari penambahan jumlah menambahkan bagaimana ? " .

b . Konsep al- mukhti'u fi al - ijtihad kecepatan AJR ( satu di ijtihad bahkan [ hakim ] mendapat hadiah ) . Itu berarti bahwa selama seseorang mengikuti pendapat seorang ulama, ia tidak akan berdosa , tapi masih dihargai oleh Allah terlepas dari hasil ijtihad dipraktekkan bingung . Hanya saja di sini perlu dicatat bahwa penentuan benar dan salah bukan wewenang tetapi otoritas yang Tuhan sendiri baru akan diketahui hari ini . Seperti harus menghidupkan Underline , bahwa ijtihad atau orang yang menyerahkan pendapat diikuti harus memiliki kewenangan hukum untuk pengetahuan, yang disampaikan setelah ijtihad ( upaya sungguh-sungguh untuk memperbaiki hukum ) setelah hati-hati mempelajari argumen keagamaan ( Al - Qur'an dan Sunnah ) .

c . Konsep ijtihad qabla la hukma lillah al- Mujtahid ( Allah belum menetapkan sebelum cacat hukum ijtihad dilakukan oleh seorang mujtahid ) .
Ini berarti bahwa hasil dari upaya itu adalah hukum Allah bagi setiap mujtahid , meskipun hasil bervariasi ijtihadnya . Sama halnya dengan kacamata kosong disodorkan oleh tuan rumah dengan berbagai macam minuman tersedia . Mempersilahkan tuan rumah tamu mereka memilih minuman yang tersedia di atas meja dan mengisi gelasnya penuh atau setengah sesuai selera dan keinginan masing-masing ( untuk terpilih berasal dari minuman di atas meja ) . Apa dan bagaimana akan isinya , pilihan yang tepat untuk setiap filler . Jangan salahkan orang mengisi gelasnya dengan kopi , dan Anda tidak akan disalahkan jika memilih setengah kapur disediakan oleh tuan rumah .
Ini adalah Al-Qur'an dan Sunnah Nabi SAW tidak selalu memberikan penafsiran yang pasti dan mutlak . Mutlak adalah Allah dan Firman-Nya mengatakan , sedangkan interpretasi firman alam, sedikit mutlak atau pasti . Cara kita memahami Al-Qur'an dan Sunnah Nabi berkaitan erat dengan banyak faktor , antara lain lingkunga , kecenderungan pribadi, pengembangan masyarakat , kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi , dan tentu saja tingkat kecerdasan dan pemahaman masing-masing mujtahid .

E.Ukhuwah dalam Praktek .
Jika kita mengangkat satu kalimat dalam persaudaraan , mungkin salah satu ayat Al - Hujurat dapat digunakan sebagai praktek dasar konsep persaudaraan Islam. Ayat yang dimaksud adalah orang-orang beriman bersaudara , jadi melakukannya untuk rekonsiliasi antara dua bersaudara (QS 49 : 10 ) .
 Mengatakan banyak untuk rekonsiliasi atau Shalah pernah diulang dalam Al-Qur'an , umumnya tidak terkait dengan sikap psikologis justru kecuali digunakan dalam hubungannya dengan tindakan nyata . Mengatakan rekonsiliasi tidak hanya harus dipahami dalam pengertian mendfamaikan antara dua orang ( atau lebih ) bertentangan , tetapi harus dipahami dengan mengambil makna semantik yang tepat penggunaan Qur'an terhadap dirinya .
Puluhan ayat berbicara tentang kewajiban untuk melakukan Shalah dan rekonsiliasi . Dalam kamus bahasa Arab , kata Shalah diartikan sebagai antonim dari kata fasad ( kerusakan) , yang juga dapat diartikan sebagai menguntungkan . Sementara rekonsiliasi kata digunakan oleh Al-Qur'an dalam dua bentuk :
Pertama , rekonsiliasi yang selalu mengambil obyek , dan yang kedua digunakan sebagai bentuk Shalah kata sifat . Up Shalah bukan berarti massa nilai tertentu di sejumlah berguna dan bekerja dengan baik sesuai dengan tujuan kehadirannya .
Bila ada nilai pada sesuatu yang tidak berpartisipasi untuk tujuan yang dimaksudkan tidak tercapai , maka orang itu mengaku nilai sekarang , dan hal-hal yang ia lakukan ia menyerukan rekonsiliasi .
Jika kita mengacu pada hadits , salah satu tradisi populer persaudaraan dalam kata Nabi yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Ibnu Umar teman :
" Seorang saudara muslim dengan muslim lainnya . Dia tidak dirugikan , tidak menyerahkan ( kepada musuh ) . Ememnuhi siapa pun yang membutuhkan saudaranya , Allah akan memenuhi kebutuhannya adalah . Barabg salah satu yang menguatkan kesulitan , Allah akan memperbesar kesulitan tentang nya kesulitan yang dihadapinya di akhirat .
Siapa pun adalah aib dekat seorang muslim , Allah akan menutupi rasa malu di akhirat " .
Dari At- Tirmidzi meriwayatkan dari Abu Hurairah , dilengkapi dengan larangan
" Dia mengkhianati tidak, tidak membohonginya , dan tidak meninggalkan tanpa bantuan . "
Jadi dia melihat pria itu disampaikan persaudaraan Islam untuk mencapai hasil yang nyata di life.To memperkuat persaudaraan Islam diperlukan bukan hanya penjelasan mengenai hal kesamaan belaka atau toleransi pandangan keagamaan tentang perbedaan pandangan , tetapi yang lebih penting adalah langkah-langkah bersama dilaksanakan oleh masyarakat , sehingga seluruh masyarakat merasa kebajikan.

BAB III
KESIMPULAN
Untuk menumbuhkan persaudaraan Islam diselenggarakan dalam agama dan dalam Al-Qur'an juga banyak menerangak tentang persaudaraan , seperti ayat-ayat Al - Hujurat : 10
"Mereka percaya saudara ( QS. Al - Hujurat : 10 ) . .
Dalam Al-Quran dan Al -Hadits memperkenalkan segala macam persaudaraan di Arab kata sifat selalu disesuaikan dengan sifatinya . Jika disifatinya indefinitif berbentuk , sehingga bahkan alam. Ini terlihat pada saat kita berkata persaudaraan persaudaraan Islamiah dan Al -Islamiyyah .
Semua orang di bumi semua adalah saudara , tidak hanya dalam lingkup tetapi satu-satunya keluarga dari segala bangsa , agama yang berbeda dapat masih persaudaraan tentyunya dan sisters.In Qur'an juga menyatakan bahwa semua manusia diciptakan oleh Allah dari seorang pria dan seorang wanita ( Adam dan Hawa ) , ( QS. Al - Hujurat : 13 ) . Jadi itu berarti semua orang adalah agunan dan saudara . Arti persaudaraan dan banyak yang dibahas dalam makalah ini didasarkan pada pemahaman tentang ayat-ayat teks Alquran .
Manusia diciptakan oleh Allah sebagai Kholifah di muka bumi ini untuk dapat menyimpan semua konten yang ada di bumi dan bersikap ramah dengan semua makhluk hidup diciptakan Allah. Dan tidak membedakan antara satu dengan yang lain , karena semua sama . Ikatan persaudaraan antara Muslim dan non -Muslim sekali tidak dilarang oleh Islam , bagi orang lain menghormati hak-hak kaum muslimin .
Persaudaraan Islam dapat memberikan manusia untuk mencapai hasil yang nyata dalam kehidupan . Perlu untuk mengkonsolidasikan titik toleransi pandang yang berbeda , karena semua orang memiliki pandangan yang berbeda membiarkan agama saja berbeda. Tapi masih berdiri hubungan baik persaudaraan Islam dan benar .








PENUTUP
Alhamdulillah, puji bersyukur bahwa kita bisa ilahi Robbi penuh kehidupan dibandingkan dengan kurangnya keuntungan . Karena Allah tidak pernah menciptakan mahluknya tidak berguna, tapi akan selalu berharga.
Dalam kesempatan ini , terima kasih Tuhan saya bisa menyelesaikan makalah ini . Meski masih banyak kesalahan , karena aku bukanlah makhluk yang sempurna .
Terima kasih juga untuk semua orang yang berkontribusi untuk pembuatan makalah ini .
Mudah-mudahan , tulisan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua . amin












DAFTAR PERPUSTAKAAN
Dr . Muhammad Quraish Shihab.1996.wawasan Qur'an . Bandung : Mizan .
Yayasan Penyelenggara Penerjemah Al- Qur'an Al -Qur'an Dan Terjemahnya.Semarang 2005 : . Cv.diponegoro .

No comments:

Post a Comment